rpp


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
i


Nama Sekolah             :  SMK N 1KALIGONDANG
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semesster          :  XII/Genap
Standar Kompetensi   :  Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kompetensi Dasar       :  Mendeskripsikan AMDAL
Indikator                     :  -  Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan

Alokasi Waktu            :  28 x 45 menit


I.       Tujuan :  -  Siswa dapat menjelaskan pengertian Amdal.
·      Siswa dapat melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi tentang kegunaan, prosedur dan penyusunan Amdal.

II.          Materi Pokok :   -  AMDAL

III.       Metode pembelajaran:    -  Penugasan
-  Diskusi
-  Ceramah
-  Presentasi

IV.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Awal/Pembuka/ Apersepsi
s  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
s  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
s  Memotivasi dengan beberapa pertanyaan

Inti
·         Eksplorasi


·         Elaborasi





·         Konfirmasi

s  Guru meminta siswa mencermati materi
s  Guru menjelaskan pengantar materi

s  Guru meminta siswa  mencermati literatur secara berkelompok.
s  Siswa  mengidentifikasi tentang berbagai pengertian yang terkait dengan Amdal melalui pengkajian literatur.

s  Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif









Akhir/Penutup/
Internalisasi dan refleksi
s  Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan.
s  Evaluasi dan memberikan tugas

Pertemuan ke-2 dan ke-3
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Awal/Pembuka/ Apersepsi
s  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
s  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
s  Memotivasi dengan beberapa pertanyaan

Inti
·         Eksplorasi


·         Elaborasi




·         Konfirmasi

s  Guru meminta siswa mencermati materi
s  Guru menjelaskan pengantar materi

s  Guru meminta siswa  mencermati literatur secara berkelompok.
s  Siswa  melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi tentang kegunaan, prosedur dan penyusunan Amdal.

s  Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif

Akhir/Penutup/
Internalisasi dan refleksi
s  Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan.
s  Evaluasi dan memberikan tugas



V.           Materi Pembelajaran:   
 
         ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP (AMDAL)
VI.       Alat/Bahan Sumber Belajar
                  1.                                                Alat/Bahan                  :  Penggaris, pencil, bolpoint, penghapus
                  2.                                                Sumber Belajar            :  Modul, buku-buku yang relevan.

VII.                      Penilaian.
1.  Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.  Penilaian afektif/sikap/non instruksional.
3.  Test formatif tertulis bentuk essay.

                                                                                               Kaligondang,       9  Juli 2011
     Waka Kurikulum                                                                         Guru Pengampu


                                                                Mengetahui
Maful Hidayat, S.Pd.I                        Kepala Sekolah                     Yulianah, S.Si
NIP.197712122009031003                                                    NIP.  197807182009032003
  
                                                             Drs. Kusmanto
                                                   NIP.  196009291987031006  
                                                                                              
  
                                                                        








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ii


Nama Sekolah             :  SMK N 1KALIGONDANG
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semesster          :  XII/Gasal
Standar Kompetensi   :  Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kompetensi Dasar       :  Mendeskripsikan AMDAL
Indikator                     : 
-          Menanggapi kebijaksanaan lingkungan di Indonesia  dalam hubungannya dengan kegiatan atau pembangunan 
-          Mengidentifikasi dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dengan cermat

Alokasi Waktu            :  28 x 45 menit


I.              Tujuan :  - Siswa dapat membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
· Siswa dapat menganalisis dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu.
· Siswa dapat mengobservasi lingkunga n proyek, penanganan dampak dan audit lingkungan.
· Mendiskusikan pentingnya Amdal dilakukan secara obyektif profesional dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.


II.          Materi Pokok :  
·   Kebijakan lingkungan di Indonesia
·   Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
·   UPL (Upaya pemantauan Lingkungan Hidup) dan UKL (Upaua Pengelolaan Lingkungan Hidup)

III.                         Metode pembelajaran:    -  Penugasan
-  Diskusi
-  Ceramah
-  Presentasi


IV.                         Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Awal/Pembuka/ Apersepsi
s  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
s  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
s  Memotivasi dengan beberapa pertanyaan

Inti
·         Eksplorasi


·         Elaborasi





·         Konfirmasi

s  Guru meminta siswa mencermati materi
s  Guru menjelaskan pengantar materi

s  Guru meminta siswa  mencermati literatur secara berkelompok.
s  Siswa  melakukan diskusi membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
s  Siswa  melakukan diskusi menganalisis dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu.

s  Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif

Akhir/Penutup/
Internalisasi dan refleksi
s  Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan.
s  Evaluasi dan memberikan tugas


Pertemuan ke 2
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Awal/Pembuka/ Apersepsi
s  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas
s  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
s  Memotivasi dengan beberapa pertanyaan

Inti
·         Eksplorasi


·         Elaborasi







·         Konfirmasi

s  Guru meminta siswa mencermati materi
s  Guru menjelaskan pengantar materi

s  Guru meminta siswa  mencermati literatur secara berkelompok.
s  Siswa  melakukan diskusi dapat mengobservasi lingkunga n proyek, penanganan dampak dan audit lingkungan.
s  Siswa  mendiskusikan pentingnya Amdal dilakukan secara obyektif profesional dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

s  Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif

Akhir/Penutup/
Internalisasi dan refleksi
s  Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan.
s  Evaluasi dan memberikan tugas



V.           Materi Pemelajaran:  
·   Kebijakan lingkungan di Indonesia
·   UPL (Upaya pemantauan Lingkungan Hidup)
·   UKL (Upaua Pengelolaan Lingkungan Hidup)


   
VI.       Alat/Bahan Sumber Belajar
                                                             a.      Alat/Bahan                  :  Penggaris, pencil, bolpoint, penghapus
                                                            b.      Sumber Belajar            :  Modul, buku-buku yang relevan.

VII.    Penilaian.
1.  Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.  Penilaian afektif/sikap/non instruksional.
3.  Test formatif tertulis bentuk essay.

                                                                                               Kaligondang,       9  Juli 2011
     Waka Kurikulum                                                                         Guru Pengampu


                                                                Mengetahui
Maful Hidayat, S.Pd.I                        Kepala Sekolah                     Yulianah, S.Si
NIP.197712122009031003                                                    NIP.  197807182009032003
  
                                                             Drs. Kusmanto
                                                   NIP.  196009291987031006