RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
i
Nama Sekolah : SMK N 1KALIGONDANG
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semesster : XII/Genap
Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan AMDAL
Indikator : - Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan
Alokasi Waktu : 28 x 45 menit
I. Tujuan : - Siswa dapat menjelaskan pengertian Amdal.
· Siswa dapat melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi tentang kegunaan, prosedur dan penyusunan Amdal.
II. Materi Pokok : - AMDAL
III. Metode pembelajaran: - Penugasan
- Diskusi
- Ceramah
- Presentasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan | Langkah-langkah | Waktu |
Awal/Pembuka/ Apersepsi | s Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas s Guru menginformasikan tujuan pembelajaran s Memotivasi dengan beberapa pertanyaan | |
Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi | s Guru meminta siswa mencermati materi s Guru menjelaskan pengantar materi s Guru meminta siswa mencermati literatur secara berkelompok. s Siswa mengidentifikasi tentang berbagai pengertian yang terkait dengan Amdal melalui pengkajian literatur. s Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif | |
Akhir/Penutup/ Internalisasi dan refleksi | s Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan. s Evaluasi dan memberikan tugas | |
Pertemuan ke-2 dan ke-3
Kegiatan | Langkah-langkah | Waktu |
Awal/Pembuka/ Apersepsi | s Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas s Guru menginformasikan tujuan pembelajaran s Memotivasi dengan beberapa pertanyaan | |
Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi | s Guru meminta siswa mencermati materi s Guru menjelaskan pengantar materi s Guru meminta siswa mencermati literatur secara berkelompok. s Siswa melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi tentang kegunaan, prosedur dan penyusunan Amdal. s Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif | |
Akhir/Penutup/ Internalisasi dan refleksi | s Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan. s Evaluasi dan memberikan tugas | |
V. Materi Pembelajaran:
ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP (AMDAL)
VI. Alat/Bahan Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : Penggaris, pencil, bolpoint, penghapus
2. Sumber Belajar : Modul, buku-buku yang relevan.
VII. Penilaian.
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/non instruksional.
3. Test formatif tertulis bentuk essay.
Kaligondang, 9 Juli 2011
Waka Kurikulum Guru Pengampu
Mengetahui
Maful Hidayat, S.Pd.I Kepala Sekolah Yulianah, S.Si
NIP.197712122009031003 NIP. 197807182009032003
Drs. Kusmanto
NIP. 196009291987031006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ii
Nama Sekolah : SMK N 1KALIGONDANG
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semesster : XII/Gasal
Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan AMDAL
Indikator :
- Menanggapi kebijaksanaan lingkungan di Indonesia dalam hubungannya dengan kegiatan atau pembangunan
- Mengidentifikasi dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dengan cermat
Alokasi Waktu : 28 x 45 menit
I. Tujuan : - Siswa dapat membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
· Siswa dapat menganalisis dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu.
· Siswa dapat mengobservasi lingkunga n proyek, penanganan dampak dan audit lingkungan.
· Mendiskusikan pentingnya Amdal dilakukan secara obyektif profesional dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
II. Materi Pokok :
· Kebijakan lingkungan di Indonesia
· Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
· UPL (Upaya pemantauan Lingkungan Hidup) dan UKL (Upaua Pengelolaan Lingkungan Hidup)
III. Metode pembelajaran: - Penugasan
- Diskusi
- Ceramah
- Presentasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan | Langkah-langkah | Waktu |
Awal/Pembuka/ Apersepsi | s Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas s Guru menginformasikan tujuan pembelajaran s Memotivasi dengan beberapa pertanyaan | |
Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi | s Guru meminta siswa mencermati materi s Guru menjelaskan pengantar materi s Guru meminta siswa mencermati literatur secara berkelompok. s Siswa melakukan diskusi membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia. s Siswa melakukan diskusi menganalisis dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu. s Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif | |
Akhir/Penutup/ Internalisasi dan refleksi | s Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan. s Evaluasi dan memberikan tugas | |
Pertemuan ke 2
Kegiatan | Langkah-langkah | Waktu |
Awal/Pembuka/ Apersepsi | s Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas s Guru menginformasikan tujuan pembelajaran s Memotivasi dengan beberapa pertanyaan | |
Inti · Eksplorasi · Elaborasi · Konfirmasi | s Guru meminta siswa mencermati materi s Guru menjelaskan pengantar materi s Guru meminta siswa mencermati literatur secara berkelompok. s Siswa melakukan diskusi dapat mengobservasi lingkunga n proyek, penanganan dampak dan audit lingkungan. s Siswa mendiskusikan pentingnya Amdal dilakukan secara obyektif profesional dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. s Siswa menjawab pertanyaan dengan berdiskusi interaktif | |
Akhir/Penutup/ Internalisasi dan refleksi | s Siswa menyimpulkan hasil diskusi dan menyerahkan hasil kegiatan. s Evaluasi dan memberikan tugas | |
V. Materi Pemelajaran:
· Kebijakan lingkungan di Indonesia
· UPL (Upaya pemantauan Lingkungan Hidup)
· UKL (Upaua Pengelolaan Lingkungan Hidup)
VI. Alat/Bahan Sumber Belajar
a. Alat/Bahan : Penggaris, pencil, bolpoint, penghapus
b. Sumber Belajar : Modul, buku-buku yang relevan.
VII. Penilaian.
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/non instruksional.
3. Test formatif tertulis bentuk essay.
Kaligondang, 9 Juli 2011
Waka Kurikulum Guru Pengampu
Mengetahui
Maful Hidayat, S.Pd.I Kepala Sekolah Yulianah, S.Si
NIP.197712122009031003 NIP. 197807182009032003
Drs. Kusmanto
NIP. 196009291987031006